Kam. Jun 27th, 2019

Apakah Anda Punya Akun Snapchat? Kalau Punya, Perlu Baca Ini!

loading…

CALIFORNIA – Hanya karena pesan dan video di Snapchat yang dikirim dalam Obrolan menghilang setelah dibaca, itu bukan berarti kontennya disembunyikan dengan aman dari pengintaian.

Menurut Motherboard, seperti dilansir dari laman SlashGear, data ini berakhir di server Snapchat, bahkan jika untuk periode waktu yang singkat. Dan ternyata, beberapa karyawan Snap -perusahaan induk Snapchat- menggunakan alat khusus untuk mengakses konten ini.

Menggunakan alat yang disebut SnapLion, dibuat untuk membantu informasi akses penegakan hukum dari akun Snapchat dengan syarat perintah pengadilan atau panggilan pengadilan. Beberapa karyawan Snap dapat mengakses data pelanggan.

Baca Juga:

Mereka bisa mengakses konten terkunci yang belum dihapus, data lokasi, alamat email, dan nomor telepon. Inilah yang diduga dilihat secara ilegal oleh orang-orang yang bekerja untuk perusahaan media sosial tersebut. Dugaan ini dibuat oleh mantan karyawan Snap.

Tidak setiap orang yang bekerja untuk perusahaan menggunakan alat SnapLion secara ilegal. Ini digunakan oleh tim keamanan Snapchat dan orang-orang di dalam perusahaan yang mencari anggota yang membuat posting kasar yang mengganggu, melecehkan, atau spam anggota lainnya. Snapchat memonitor mereka yang menggunakan alat ini, tapi ternyata ini bukan sistem yang sempurna menurut seorang mantan karyawannya.

Orang lain yang dulu bekerja untuk Snap mengatakan, memiliki akses ke SnapLion seperti memiliki “kunci kerajaan”. Seorang karyawan Snap tidak akan mengakui bahwa alat SnapLion telah digunakan tak semestinya oleh karyawan. Hanya mengatakan perusahaan memiliki “sistem yang baik” untuk mencegah hal-hal seperti itu terjadi kemungkinan besar lebih awal daripada startup yang ada.

Snap memang mengeluarkan pernyataan di mana mereka mengklaim hanya menyimpan sejumlah kecil data pengguna. Perusahaan menambahkan kebijakan dan kontrol yang kuat membatasi siapa yang dapat melihatnya dan siapa pun karyawan yang melihat informasi tanpa otorisasi segera dipecat.

“Melindungi privasi adalah hal terpenting di Snap. Kami menyimpan sangat sedikit data pengguna, dan kami memiliki kebijakan dan kontrol yang kuat untuk membatasi akses internal ke data yang kami miliki. Akses tanpa izin apa pun adalah pelanggaran yang jelas terhadap standar perilaku bisnis perusahaan dan, jika terdeteksi, mengakibatkan penghentian segera,” kata Juru Bicara Snapchat.

Januari lalu, Snapchat menambahkan enkripsi ujung-ke-ujung tiga tahun setelah Amnesty International menempatkan peringkat Snapchat sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang paling tidak dilindungi dalam hal privasi anggota.

(mim)

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA AUTOTEKNO.SINDONEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Connect us

Our social contacts